BERITA

SURVEI KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN DAN IKM PERIODE SEMESTER I TAHUN 2018

Reformasi birokrasi Kementerian Keuangan, termasuk Ditjen Perbendaharaan telah dimulai sejak tahun 2007. Untuk menguji keberhasilan reformasi tersebut, salah satunya diukur dengan tingkat kepuasan mitra kerja KPPN terhadap layanan yang diberikan oleh KPPN.

Kepuasan pengguna layanan yang tinggi didefinisikan sebagai persepsi satuan kerja terhadap produk atau layanan yang telah memenuhi atau melebihi dari harapan. Tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi akan meningkatkan citra KPPN sebagai pengelola perbendaharaan negara di daerah.

Indeks kepuasan satker diukur melalui survei oleh KPPN dengan metode sampling kepada responden terpilih dari seluruh mitra kerja KPPN. Dengan mempertimbangkan efisiensi dan efektivitas, survei dilaksanakan dengan cara penyebaran kuesioner kepada minimal 30% responden terpilih dari seluruh mitra kerja yang dilayani oleh KPPN. Kuesioner Survei Kepuasan Pengguna Layanan KPPN mengukur tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan mitra kerja KPPN terhadap 5 (lima) jenis layanan sebagai berikut: Layanan Pencairan Dana, Layanan Bimbingan dan Konsultasi, Layanan Konfirmasi Surat Setoran, Layanan Rekonsiliasi Laporan Keuangan, serta Penyediaan Sarana dan Prasarana.

Survei Kepuasan Pengguna Layanan periode Semester I Tahun 2018 dilaksanakan pada tanggal 4 sampai dengan 22 Juni 2018 melalui Surat Kepala KPPN Magelang Nomor  S-668/WPB.14/KP.0903/2018 tanggal 31 Mei 2018. Survei dilaksanakan dengan membagikan Kuisioner Survei kepada satuan kerja pada saat datang ke KPPN Magelang. Pelaksanaan survei dengan mengambil sampel sebanyak 34 satker yang merupakan responden terpilih dari jumlah seluruh satker sebanyak 66 satker, atau jumlah responden terpilih sebesar 51,51%.

Perhitungan kuesioner survei mengasilkan Indeks Kepuasan Satker terhadap layanan KPPN sebesar 4,59 (dari skala 5) yang artinya persepsi satker sangat puas terhadap layanan yang diberikan oleh KPPN Magelang. Indeks kepuasan satker 4,59 merupakan rata-rata tingkat kepuasan satker terhadap seluruh produk layanan perbendaharaan dari KPPN yang digunakan dan dimanfaatkan satker sebagai berikut:

  1. Indeks kepuasan Satker terhadap Layanan Pencairan sebesar 4,52
  2. Indeks kepuasan Satker terhadap Layanan Bimbingan dan Konsultasi adalah 4,59
  3. Indeks kepuasan Satker terhadap Layanan Konfirmasi Surat Setoran  adalah 4,58
  4. Indeks kepuasan Satker terhadap Layanan Rekonsiliasi Laporan Keuangan  4,56
  5. Indeks kepuasan Satker terhadap Sarana dan Prasarana 4,70

Perhitungan kuesioner survei juga menghasilkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 0,91 (dari skala 1) dengan kriteria sangat puas. IKM diukur dengan tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan. IKM digunakan dengan tujuan mengetahui tingkat kinerja layanan publik dan sebagai bahan evaluasi untuk menetapkan kebijakan dan langkah perbaikan pelayanan ke depan. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1329/KMK.01/2015 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Lingkungan Kementerian Keuangan.

 

 

 

~Murtadlo~