Makassar

Berita

Seputar KPPN Makassar II

Workshop Tata Cara Pengisian Capaian Output

Menindaklanjuti sosialisasi Kebijakan dan Implementasi Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Tahun 2020 via Video Conference bersama Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan serta pelaksanaan Penganggaran Berbasis Kinerja yang menekankan pada konsep penganggaran yang berorientasi pada output dan outcome. Diperlukan pemahaman oleh seluruh Satuan Kerja lingkup kerja KPPN Makassar II mengenai tata cara pengisian Capaian Output agar dapat diperoleh data Capaian Output yang valid dan akuntabel sebagai dasar evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran K/L. Alat untuk menatausahakan Capaian Output telah disediakan oleh Dirjen Perbendaharaan Negara berupa Aplikasi SAS (Sistem Aplikasi Satker) dan SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi), serta Aplikasi E-Rekon sebagai media pelaporan data Capaian Output oleh seluruh Satker K/L. Selain itu pelaporan Capaian Output termasuk dalam komponen indikator dalam penilaian IKPA tingkat Satuan Kerja. 

Guna mendukung hal tersebut di atas, KPPN Makassar II mengadakan Workshop Tata Cara Pengisian Capaian Output pada Aplikasi SAS 2020. Untuk lebih memaksimalkan pemahaman oleh seluruh Satuan Kerja, workshop dibagi menjadi kelas kecil dengan pembagian kelas per hari dibagi berdasarkan Bagian Anggaran (BA). Acara dimulai sejak tanggal 9, 10, 11, 12, 16, 17 Maret 2020. Peserta yang diundang berasal dari Kejaksaaan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Dinas Sosial, dan terdapat juga kelas campuran dari berbagai Bagian Anggaran (BA). 

Dalam kesempatan tiap sesi Workshop, Bapak Adi Setiawan, Kepala KPPN Makassar II secara langsung juga menyampaikan pemaparan mengenai Aplikasi Komitmen dan Disiplin Pegawai (Aplikasi SIKANDA). Salah satu inovasi yang mendapatkan apresiasi dari Tim Penilai Kemenpan RB dalam proses penilaian ZI menuju WBK pada tahun 2019. Aplikasi untuk menjaga dan meningkatkan komitmen serta disiplin seluruh pegawai dan pejabat KPPN Makassar II dalam melayani satuan kerja dengan maksimal. Aplikasi SIKANDA dibuat dengan TANPA BIAYA (Zero Cost)

Workshop Capaian Output 032020 Workshop Capaian Output 032020 Workshop Capaian Output 032020 Workshop Capaian Output 032020

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Makassar II
Jl Urip Sumohardjo KM 4 Makassar

Tel: 0411-457932 Fax: 0411-456958

IKUTI KAMI

Search