Makassar

Berita

Seputar KPPN Makassar II

Sharing Session bersama Ombudsman - Upaya Menjaga Integritas dan Meningkatkan Pelayanan Prima di Era New Normal

Pandemi memaksa untuk melaksanakan pelayanan publik yg baik dengan cara online dan sebisa mungkin untuk tidak melaksanakan pelayanan  tatap muka. Era new normal menjadi tantangan tersendiri bagi insan perbendaharaan yang tetap harus menjalankan tugas pelayanan pengelolaan penyaluran dana APBN. Sesuai asas pelayanan publik (UU Nomor 25 Tahun 2009) tentang Penyelenggara pemerintahan wajib untuk memberikan pelayanan publik yang bermutu berdasar, maka diperlukan suatu sistem yang menjadi standar pelayanan publik yaitu tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Masa pandemi tidak mengurungkan niat para pegawai KPPN Makassar II untuk terus meningkatkan kompetensinya. Untuk itu pada tanggal 09 Juli 2020 bertempat di ruangan yang dulunya merupakan Ruang Pelayanan Front Office, KPPN Makassar II mengundang Ombudsman Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan untuk mengadakan sharing session dengan tema "Upaya Menjaga Integritas dan Meningkatkan Pelayanan Prima di Era New Normal.". Sharing session juga diadakan secara Video Conference melalui Aplikasi ZOOM guna memfasilitasi pegawai KPPN Makassar II yang sedang WFH agar tetap bisa ikut serta dalam acara Sharing Session bersama Ombudsman. Pada kesempatan ini, hadir sebagai narasumber Kepala perwakilan Ombudsman provinsi Sulawesi Selatan Bapak Subhan Djoer ST,.MH bersama Dr. Aswiwin Sirua ST,.MH Kepala Asisten Pemeriksaan Ombudsman Republik Indonesia

Pada pemaparannya, pihak ombudsman memberi apresiasi dan dukungan kepada KPPN Makassar II menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Ada banyak hikmah yang bisa diambil dari situasi pandemi ini yakni, pelayanan publik berubah menjadi virtual yang memudahkan konsumen dimana saja berada bisa menerima pelayanan, smart government lebih mudai dicapai, dan keadaaan memaksa untuk lebih kreatif dalam memberikan pelayanan. Dalam memberikan pelayanan prima dibutuhkan percepatan pelayanan dengan instrument yang lebih simple dan mudah dipahami oleh masyarakat dengan tetap melalui kajian potensi risiko.

Selain pelayanan prima, pegawai KPPN Makassar II juga dituntut tetap menjaga integritas. Integritas adalah value pertama di Kementerian Keuangan yang harus selalu pegang dan dijunjung tinggi. Wilayah Bebas Korupsi (WBK) mendorong untuk menjaga integritas. Kejujuran berarti tidak ada intimidasi dalam bekerja. Inovasi tetap harus didukung keberanian dan kreativitas. Semua upaya ini dilakukan untuk tetap menjaga integritas dan meningkatkan pelayanan prima di era new normal



 

Sharing Session Ombudsman - Upaya Menjaga Integritas dan meningkatkan Pelayanan Prima di Era New Normal KPPN Makassar II

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Makassar II
Jl Urip Sumohardjo KM 4 Makassar

Tel: 0411-457932 Fax: 0411-456958

IKUTI KAMI

Search