Berita

Seputar KPPN Makassar II

Kunjungan Direktur Jenderal Perbendaharaan ke KPPN Makassar II untuk Meninjau Layanan Darurat KPPN Mamuju

Pada Hari Jum’at, 22 Januari 2021, Direktur Jenderal Perbendaharaan, Bapak Andin Hadiyanto mengunjungi KPPN Makassar II yang ditunjuk oleh Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) menjadi lokasi Layanan Darurat KPPN Mamuju pasca Gempa Bumi yang terjadi pada tanggal 15 Januari 2021 dini hari. Dalam kunjungannya, Direktur Jenderal Perbendaharaan didampingi oleh Direktur Sistem Informasi dan Transformasi Perbendaharaan, Bapak Saiful Islam dan juga Kepala Bagian Umum Sekretariat Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Bapak Yuni Wibawa. Rombongan diterima oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak Sudarmanto, Kepala KPPN Makassar II, Bapak Adi Setiawan, Kepala KPPN Mamuju, Bapak Toding Luther, serta Kepala KPPN Makassar I, Bapak Saor Silitonga.

Kunjungan Direktur Jenderal Perbendaharaan ke KPPN Makassar II untuk Meninjau Layanan Darurat KPPN Mamuju

 Dalam kunjungannya, Direktur Jenderal Perbendaharaan langsung menuju ke lokasi pelaksanaan Layanan Darurat KPPN Mamuju. Sembari meninjau, Beliau melakukan diskusi singkat dengan beberapa pegawai dari KPPN Mamuju, kemudian Beliau meninjau satu persatu proses bisnis yang dijalankan oleh KPPN Makassar II dalam menunjang proses pelaksanaan anggaran di daerah. Acara dilanjutkan dengan dialog bersama seluruh jajaran pejabat dan pegawai atas kejadian gempa di Mamuju dan layanan darurat KPPN Mamuju yang berlokasi di KPPN Makassar II.


Kunjungan Direktur Jenderal Perbendaharaan ke KPPN Makassar II untuk Meninjau Layanan Darurat KPPN MamujuAcara diskusi bersama diawali dengan sambutan dan pembukaan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan. Beliau menyampaikan kondisi pegawai dan layanan darurat KPPN Mamuju secara umum. Dalam pembukaan tersebut, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan juga memberikan kesempatan kepada para pegawai KPPN Mamuju untuk menceritakan bagaimana keadaan dan situasi pada saat gempa dan pasca gempa di Mamuju. Bahkan ada pegawai yang menceritakan “nekat” untuk masuk ke Gedung Keuangan Negara (GKN) Mamuju, dimana KPPN Mamuju menempati lantai 2 GKN Mamuju yang sudah retak-retak untuk mengambil PC Server yang berada di ruangan server KPPN Mamuju.

 

 Kunjungan Direktur Jenderal Perbendaharaan ke KPPN Makassar II untuk Meninjau Layanan Darurat KPPN Mamuju

 

Kunjungan Direktur Jenderal Perbendaharaan ke KPPN Makassar II untuk Meninjau Layanan Darurat KPPN MamujuSetelah acara sambutan dan pembukaan, Kepala KPPN Mamuju memberikan laporan kondisi seluruh pegawai dan dampak akibat Gempa Mamuju yang memiliki kekuatan magnitudo 6,2 SR. Terdapat 16 pegawai KPPN Mamuju yang ikut serta ke Kota Makassar, semua dalam keadaan baik dan sehat. Gempa tersebut menyebabkan banyak kondisi gedung di Mamuju mengalami rusak parah, bahkan banyak yang roboh. Tidak terkecuali Gedung Keuangan Negara Mamuju yang juga mengalami rusak parah, kondisi retak dimana-mana. Jaringan listrik dan air juga terputus akibat gempa tersebut.

Atas kondisi demikian, KPPN Mamuju mengadakan koordinasi dengan Kantor Pusat DJPb. Dari hasil koordinasi diputuskan, Kantor Pusat DJPb menunjuk KPPN Makassar II sebagai lokasi Layanan Darurat KPPN Mamuju untuk menjamin keselamatan pegawai KPPN Mamuju dan keberlangsungan layanan. 

Selanjutnya, Kepala KPPN Makassar II melaporkan bahwa menerima penugasan dari Kantor Pusat DJPb dan Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 17 Januari 2021 untuk mendukung Layanan Darurat KPPN Mamuju yang akan berlokasi di KPPN Makassar II. Atas Nota dinas nomor 233/PB.1/2021, Senin pagi tanggal 18 Januari 2021, Kepala KPPN Makassar II langsung melaksanakan koordinasi internal dan eksternal. Koordinasi dengan seluruh jajaran Pejabat dan Pegawai KPPN Makassar II serta koordinasi dengan Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan dan juga Kantor Pusat DJPb, dalam hal ini Direktorat SITP terkait dukungan Teknologi Informasi dalam persiapan infrastruktur jaringan dan PC untuk mendukung Layanan Darurat KPPN Mamuju. Kepala KPPN Makassar II segera melaksanakan prosedur Business Continuity Plan (BCP) yang telah diatur dalam Kepdirjen nomor 435/PB/2018. Atas sinergi yang telah dilaksanakan, KPPN Makassar II dapat menyiapkan infrastruktur yang diperlukan untuk pelaksanaan Layanan Darurat KPPN Mamuju dalam waktu kurang dari 24 jam. Pada sore hari telah tersedia jaringan yang sesuai standar keamanan, 5 PC layanan serta 5 PC SPAN.

Kunjungan Direktur Jenderal Perbendaharaan ke KPPN Makassar II untuk Meninjau Layanan Darurat KPPN Mamuju

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Direktur Sistem Informasi dan Transformasi Perbendaharaan. Beliau menyampaikan duka mendalam atas bencana yang telah dialami oleh seluruh rekan-rekan di Mamuju. Beliau bersyukur semua jajaran KPPN Mamuju dalam keadaan sehat semua. Beliau juga mengapresiasi koordinasi Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan dengan Kepala Kanwil DJPb Sulawesi Selatan dan Kepala Kanwil DJPb Sulawesi Barat serta tindakan cepat dan sinergi yang dilaksanakan oleh Kepala KPPN Makassar II dan Kepala KPPN Mamuju sehingga layanan darurat KPPN Mamuju bisa segera dapat terlaksana di KPPN Makassar II.

Setelah mendengar seluruh laporan dari Kepala KPPN Mamuju dan Kepala KPPN Makassar II, Direktur Jenderal Perbendaharaan menyampaikan kepada seluruh pejabat dan pegawai yang hadir untuk bersyukur, tidak ada korban jiwa dari insan Perbendaharaan dalam bencana gempa di Mamuju. Beliau juga menyampaikan duka yang mendalam bagi para korban gempa di Mamuju. Disampaikan, kunjungan langsung ini bertujuan untuk dapat merasakan secara langsung apa yang terjadi di Mamuju dan bisa segera memberikan bantuan dan dukungan kepada seluruh jajaran insan Perbendaharaan di Mamuju. Setelah mengunjungi layanan darurat KPPN Mamuju di KPPN Makassar II, beliau akan langsung berangkat menuju ke Mamuju untuk secara langsung meninjau keadaan pasca Gempa Mamuju. 

Kunjungan Direktur Jenderal Perbendaharaan ke KPPN Makassar II untuk Meninjau Layanan Darurat KPPN Mamuju

Beliau memberikan pesan kepada seluruh jajaran KPPN Mamuju, bahwa gempa ini merupakan ujian kesabaran bagi seluruh pejabat dan pegawai. Diharapkan dari ujian kesabaran ini, seluruh pejabat dan pegawai dapat meningkatkan kesabaran agar bisa lebih ikhlas dan tenang, bisa berpikir positif sehingga semua akan dimudahkan oleh Tuhan. Beliau juga berharap, seluruh pejabat dan pegawai juga dapat saling menguatkan baik secara fisik maupun non fisik dalam menghadapi bencana ini. Beliau juga sempat terharu ketika mendengar dalam kondisi musibah, para pejabat dan pegawai KPPN Mamuju masih berpikir untuk terus bisa melayani, terbukti dari aksi “nekat” beberapa pegawai KPPN Mamuju untuk masuk ke gedung yang sudah rusak parah untuk mengambil data penting dan PC Server. Terakhir, beliau mengulangi kedua pesan sebelumnya dengan tetap mengingatkan bahwa kita sedang di Masa Pandemi, kita diminta untuk saling menjaga. Walaupun Pemerintah sudah menyiapkan vaksin covid, semua tetap bergantung pada diri kita sendiri untuk terus disiplin dalam 3M.

Acara diakhiri dengan foto bersama seluruh pejabat dan pegawai pelayanan darurat KPPN Mamuju dan KPPN Makassar II.

#PrayforSulbar

#MamujuBangkit

#DJPbKawalAPBN

#MajuMutuLaju

 

 

 

 

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Makassar II
Jl Urip Sumohardjo KM 4 Makassar

Tel: 0411-457932 Fax: 0411-456958

IKUTI KAMI

Search