Makassar

Berita

Seputar KPPN Makassar II

KPPN Makassar II Dorong Transaksi Non-Tunai Melalui DigiPay

Hari Senin tanggal 19 April 2021, KPPN Makassar II bersama dengan mitra perbankan memberikan sosialisasi dan asistensi untuk tranaksi nontunai melalui aplikasi DigiPay kepada pelaku usaha kecil dan mikro. Kepala KPPN Makassar II, Adi Setiawan mengungkapkan inisiatif tersebut sebagai upaya untuk terus meningkatkan transaksi nontunai dalam pelaksanaan APBN.

KPPN Makassar II Dorong Transaksi Non-Tunai Melalui DigiPay

Upaya tersebut sejalan dengan implementasi kebijakan untuk transaksi nontunai yang saat ini dilaksanakan melalui beberapa media. Diantaranya adalah penggunaaan Internet Banking, Kartu Kredit Pemerintah (KKP), dan Marketplace atau disebut juga dengan istilah Digipay. Transaksi oleh mitra kerja KPPN Makassar II melalui penggunaan KKP selama tahun 2020 mencapai Rp. 5,7 milyar. “Selama periode berjalan tahun 2021, telah mencapai Rp. 1,9 milyar dan trend nya terus meningkat”, kata Adi.

Penggunaan instrument transaksi nontunai dalam pelaksanaan APBN merupakan upaya simplifikasi proses bisnis sehingga lebih efisien, transparan ,dan akuntabel. “Banyak aspek penting yang dapat diperoleh selain dari perspektif modernisasi” kata Adi. Selain penggunaan KKP, KPPN Makassar II bersama mitra perbankan dalam banyak kesempatan dan inisiatif telah mengenalkan penggunaan internet banking. Sampai dengan akhir tahun 2020, tingkat pengguna aktif internet banking mencapai 65% dari seluruh mitra kerja.

“Kami berharap sampai dengan Juni 2021 bisa mencapai 100%. Ini sejalan dengan rencana dan capaian restrukturisasi rekening bendahara satuan kerja”, kata Bapak Adi Setiawan. KPPN Makassar II juga mengupayakan transaksi nontunai melalui penggunaan marketplace/ Digipay. “Sampai dengan April 2021 nilai transaksi telah mencapai Rp 200 juta”, kata Bapak Adi Setiawan. 

Sebagai media yang relatif baru capaian ini cukup menggembirakan. “Perkembangannya sangat dinamis, dan kami juga sedang mengupayakan minat dan akses ke transaksi digital oleh pelaku usaha kecil dan mikro”, kata Adi Setiawan.

Sebagaimana diketahui, KPPN Makassar II telah menginisiasi inisiatif Ultra Mikro Go Aplikasi Digital Store sejak awal tahun 2021. “Terus berkembang dan mengikutsertakan segmen usaha yang lebih variatif” paparnya.

“Kami mengupayakan sosialisasi yang efektif untuk mendukung pelaku usaha terkait penggunaan mekanisme ini. Yang diwujudkan dengan akses oleh pelaku usaha untuk transaksi atas beban APBN melalui mekanisme Digipay.” sambung Adi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala KPPN Makassar II menyampaikan apresiasi atas sinergi dari banyak pihak dalam inisiatif meningkatkan penggunaan transaksi nontunai di lingkungan KPPN Makassar II.

 

Seperti yang ditayangkan di Portal Berita Online fajar.co.id :

KPPN Makassar II Dorong Transaksi Non-Tunai Melalui DigiPay

Dana BOS untuk 1.307 Sekolah di Sulawesi Selatan Cair

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Makassar II
Jl Urip Sumohardjo KM 4 Makassar

Tel: 0411-457932 Fax: 0411-456958

IKUTI KAMI

Search