Berita

Seputar KPPN Makassar II

Workshop SAKTI Manajerial

 

SAKTI adalah aplikasi keuangan yang digunakan pada tingkat satuan kerja (satker). SAKTI diciptakan sesuai amanat undang­-undang, untuk mewujudkan sistem perbendaharaan yang handal dan akuntabel. Pada Tahun 2022 Aplikasi SAKTI ini akan diimplementasikan oleh seluruh Satker lingkup Kementerian/Lembaga, diawali dengan implementasi SAKTI untuk penyampaian Gaji Induk Bulan Januari Tahun 2022.

Workshop SAKTI Manajerial KPPN Makassar IIBerbagai rangkaian kegiatan telah KPPN lakukan untuk persiapan Implementasi Aplikasi SAKTI ini, salah satunya adalah Worksop SAKTI Manajerial. Kegiatan Workshop SAKTI Manajerial Satker Non-Piloting pada KPPN Makassar II dibagi menjadi dua batch dan dilakukan selama dua hari pada hari Selasa, 31 Agustus 2021 dan hari Rabu, 1 September 2021. Batch pertama diikuti oleh satker dari K/L Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, Mahkamah Agung Republik Indonesia, Kejaksaan Republik Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Pusat Statistik, Kepolisian Negara Republik Indonesia. Batch Kedua diikuti oleh Satker dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, dan Kementerian Sosial.

Workshop SAKTI Manajerial diselenggarakan bertujuan untuk mendapatkan dukungan dan komitmen dari KPA serta Pejabat Perbendaharaan Satker mitra KPPN Makassar II agar siap mengimplementasikan SAKTI Web Full Module. Melalui workshop KPPN Makassar II, Bapak Adi Setiawan menyampaikan kepada Satuan  bahwa Implementasi SAKTI ini dapat dianalogikan seperti kita sedang belajar mengendarai mobil, tidak cukup untuk mempelajari teorinya tapi kita perlu mengendarai langsung mobil tersebut untuk tahu bagaimana menjalankannya. Seperti halnya End User Training SAKTI yang sudah dilakukan pada minggu sebelumnya merupakan semacam test-drive bagi satker dalam menggunakan aplikasi SAKTI. Bapak Adi juga menegaskan terkait pemegang user SAKTI harus bertanggung jawab atas akun SAKTI-nya dan  proses check dan balance dalam pelaksanaan anggaran (kewenangan maker, checker, dan approval) diharapkan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Pada Kegiatan tersebut juga didemokan beberapa perekaman transaksi menggunakan Aplikasi SAKTI untuk me-refresh pengetahuan terkait Aplikasi SAKTI kepada para pejabat perbendaharaan selaku pemegang user SAKTI. Melalui kegiatan ini diharapkan komitmen dan kerjasama dari Pimpinan dan para pejabat perbendaharaan seluruh satker mitra KPPN MAkassar II untuk menyukseskan implementasi dan roll out Aplikasi SAKTI dapat berjalan dengan lancar.

Workshop SAKTI Manajerial KPPN Makassar II

 

Workshop SAKTI Manajerial KPPN Makassar II

 

Workshop SAKTI Manajerial KPPN Makassar II

 

↓ ↓ ↓

Link Rekaman Video Materi ZOOM Worksop SAKTI Manajerial ↓ ↓ ↓

 

Workshop SAKTI Manajerial KPPN Makassar II - ZOOM 31 Agustus 2021

Workshop SAKTI Manajerial KPPN Makassar II - ZOOM 1 September 2021
 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Makassar II
Jl Urip Sumohardjo KM 4 Makassar

Tel: 0411-457932 Fax: 0411-456958

IKUTI KAMI

Search