Gandeng Pemko Padang, KPPN Padang Sukseskan Perbendaharaan Peduli 1 Pegawai 1 Pohon

Kota Padang – Provinsi Sumatera Barat terkenal dengan keindahan alam dan destinasi wisata yang  mempesona, tak terkecuali Kota Padang. Salah satu destinasi wisata terkenal yang dimiliki Kota Padang adalah Legenda Batu Maling Kundang yang berlokasi di Pantai Air Manis, Kelurahan Air Manis, Padang Selatan, Kota Padang.

Foto Bersama Pegawai KPPN Padang dan Walikota PadangBerdekatan dengan Batu Malin Kundang terdapat Wisata Gunung Padang (Makam Siti Nurbaya) yang berlokasi di Keluran Pabayan, Padang Barat, Kota Padang. Potensi kedua wisata ini oleh Pemko Padang ditanggapi dengan membangun akses jalan raya langsung dari Gunung Padang ke Batu Malin Kundang, di mana sebelumnya kita harus memutar jalan untuk mencapai kedua lokasi tersebut.

Tepi Jalan Lingkar Nipah, Bukit Gado-gado, jalan baru yang menghubungkan Wisata Gunung Padang dan Batu Malin Kundang masih sangat gersang dan masih menyisakan beberapa material pembangunan jalan. Melihat kondisi tersebut KPPN Padang dengan sigap mengandeng Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sumatera Barat dan Pemko Padang untuk melaksanakan aksi tanam pohon dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan yang bertajuk “Perbendaharaan Peduli 1 Pegawai 1 Pohon”.

Aksi tanam pohon dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 27 Januari 2018. Tidak kurang dari 103 pohon ditanam dalam acara tersebut, yang terdiri dari pohon mahoni, ketapang, duwet/jamblang, jambu medan, kencana, dan tanjung. Aksi tanam pohon dihadiri langsung oleh Walikota Padang, Bapak Mahyeldi Ansharullah sekaligus meresmikan jalan baru Lingkar Nipah, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sumatera Barat, Bapak Ade Rohman, dan inisiator aksi Bapak Hemidon, Kepala KPPN Padang. Selain pegawai KPPN Padang dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sumatera Barat, acara dimeriahkan dengan jalan santai yang dikuti oleh warga Kota Padang.

Walikota Padang, Pejabat, dan pegawai Ditjen Perbendaharaan lingkup Kota Padang tak segan-segan turun tangan langsung dalam aksi tanam pohon. Terlihat pada foto sebelah kanan Bapak Hasan Fuad, Kepala Seksi Pencairan Dana, selaku koordinator lapangan secara langsung mengkoordinasikan pelaksanaan aksi tanam pohon dengan mengendari motor dinas mengangkut Ajir (bambu penopang pohon).

Kepala KPPN Padang tak mau kalah dengan langsung turut serta menanam pohon dibantu oleh para pegawai KPPN Padang. “Aksi tanam pohon ini hanyalah langkah kecil yang dapat kami (KPPN Padang) lakukan untuk menumbuhkan kepedulian dan menjaga lingkungan hidup untuk generasi mendatang. Selama masih ada kepedulian dalam diri, jangan berhenti sampai di sini,” tutur Bapak Hemidon.

Acara ditutup dengan penyampaian pesan kesan dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sumatera Barat dan Kelapa KPPN Padang di Pantai Air Manis diliput secara langsung oleh TVRI Sumatera Barat serta acara santai yang diikuti oleh para pegawai Ditjen Perbendaharaan lingkup Kota Padang. (cdm)