BERITA

Kemeriahan Acara Corner Day 2017 di Tanah Sumba

Penulis : Hanifah Rufa’idah | Editor : Raimundus Sengga | Fotografer : Dasa Wahyu Sarewa

Waingapu, 11/10/2017. Kemeriahan Corner Day Treasury Festival 2017 yang baru saja usai digelar di kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan pada tanggal 5—8 September 2017 lalu menular hingga ke daerah, tak terkecuali juga di Tanah Sumba.

Sebagai satu-satunya kantor vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan di Tanah Sumba, KPPN Waingapu selalu berusaha menampilkan kekhasan Pulau Sumba dalam penyelenggaraan kegiatan rutin tahunan ini. Acara berjudul Corner Day Transformasi Kelembagaan 2017 dan Launching Aplikasi Simultan ini telah sukses digelar pada hari Rabu, 11 Oktober 2017 lalu di Aula KPPN Waingapu dengan melibatkan seluruh stakeholders di wilayah bayar KPPN Waingapu.

Bapak Nurhidayat selaku Kepala Bidang Supervisi KPPN dan Kepatuhan Internal (SKKI) Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Timur turut serta memberikan dukungan dan apresiasinya kepada KPPN Waingapu atas penyelenggaraan acara ini. “Saya sangat mengapresiasi usaha rekan-rekan pegawai KPPN Waingapu yang sudah sangat bagus merancang acara Corner Day 2017 ini. Selain itu, kehadiran Aplikasi Simultan rancangan pegawai KPPN Waingapu ini merupakan sebuah inovasi yang sangat menarik dan patut untuk mendapat perhatian. Saya berharap ke depannya aplikasi ini dapat dipergunakan oleh seluruh stakeholders.” Ungkap Beliau dalam sambutannya.

Acara kali ini juga turut menggandeng KPP Pratama Waingapu sebagai narasumber materi kepatuhan perpajakan bendahara. Bapak Imam Ananda selaku Account Representatif KPP Pratama Waingapu juga mengungkapkan apresiasinya atas kerja sama ini. “Saya berharap ke depannya sinergi antara KPPN Waingapu ini terus berlanjut, sehingga sesama instansi Kementerian Keuangan dapat saling mendukung dalam menyelenggarakan layanan kepada masyarakat.”

Dalam kesempatan ini, Kepala KPPN Waingapu menyampaikan rasa senangnya terhadap hasil inovasi kerja pegawai. ”Rasanya baru saja kita menyelesaikan pembuatan aplikasi inovasi bernama AKSI WAYAN (Aplikasi Waingapu Melayani). Dan kini kita kembali melaunching aplikasi baru bernama SIMULTAN (Sistem Informasi Monitoring Kepatuhan Pelaporan dan Persuratan) yang tidak kalah pentingnya untuk membantu mempermudah proses penyampaian ADK LPJ bendahara satuan kerja.” Aplikasi rancangan Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi, Bapak Budi Prasetyo ini sangat dinantikan oleh para satuan kerja terutama yang lokasinya berada di luar kabupaten Sumba Timur.

Animo peserta yang hadir sangat tinggi dalam mengikuti setiap bagian acara yang disuguhkan oleh panitia. Kepala KPPN Waingapu, Bapak Wayan Juwena secara langsung memandu peserta untuk menikmati setiap booth yang telah disiapkan oleh panitia. Salah satu booth yang menarik perhatian peserta adalah booth outdoor Go Green yang berada di sekitar kolam ikan KPPN Waingapu.

 

Antusiasme peserta dalam menjawab pertanyaan di booth Go Green
Antusiasme peserta dalam menjawab pertanyaan di booth Go Green

 

Meski cuaca mulai terik, tidak membuat antusiasme peserta surut. Hal ini terbukti dari semangat peserta dalam mengikuti sesi kuis berhadiah 10 buah bibit tanaman buah naga. Para peserta terlihat berebut menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Kepala KPPN Waingapu. Senyum dan tawa terlihat dari wajah para peserta yang berhasil membawa pulang hadiah.

Hal yang membuat bangga adalah ide penanaman buah naga dalam skala yang lebih besar ini telah menular kepada salah satu pegawai KPPN Waingapu. “Saya sudah mempraktikkan ide penanaman buah naga ini di rumah. Sampai dengan hari ini, sudah ada seratusan tiang lebih tanaman buah naga yang berhasil saya tanam sebagai bekal masa pensiun nanti.” Cerita Bapak Karolus Renggo, staf Seksi Bank KPPN Waingapu yang tahun ini akan segera memasuki masa purna tugas.

Salah satu satuan kerja dari Dinas Pertanian Sumba Barat Daya, Ibu Maria Novena menyampaikan kekagumannya pada inovasi-inovasi yang dilakukan oleh KPPN Waingapu. ”Saya tidak menyangka ada kantor di wilayah Sumba yang memiliki inisiatif untuk melakukan berbagai inovasi yang menarik seperti ini. KPPN Waingapu tidak hanya memperhatikan kualitas layanannya tetapi juga melakukan banyak pembaharuan di internal kantor.” Ungkapnya saat penutupan acara. Setelah acara ditutup, beberapa satuan kerja terlihat masih berfoto-foto di sekitar booth Go Green. (HR)