BERITA

Budaya Doa Pagi Menjadi Cerminan Kerja KPPN Waingapu

 Penulis : Jefri Kristianto | Editor : I Putu Jembawan | Fotografer : Cornelis Z.J. Pay

Waingapu (04/10/2017). Sebagai Insan Perbendaharaan, para pegawai Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Waingapu selalu berupaya mengimplementasikan nilai-nilai Kementerian Keuangan dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari.

Seperti halnya pesan Direktur Jenderal Perbendaharaan, Bapak Marwanto pada salah satu kesempatan yang mengatakan bahwa pribadi yang bernilai akan menghasilkan kinerja yang berkualitas.

Salah satu foto doa pagi di Aula KPPN Waingapu (04/10/2017)
Salah satu foto doa pagi di Aula KPPN Waingapu (04/10/2017)

 

Dalam upaya memenuhi nilai-nilai tersebut tentunya banyak tantangan yang harus dihadapi. Oleh karena itu, pegawai KPPN Waingapu selalu mengawali kegiatan perkantoran dengan cara melakukan doa pagi bersama yang dipimpin secara bergilir oleh semua pegawai. Seperti yang kita ketahui, doa memiliki arti memohon atau meminta pertolongan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga dengan doa diharapkan langkah kita dalam mencapai tujuan menjadi ringan dan dirahmati oleh Tuhan.

Doa pagi dilakukan di Aula KPPN Waingapu setiap hari kerja mulai pukul 07.30 WITA (Senin-Kamis) dan 07.00 WITA (Jumat) dan dilanjutkan dengan pembahasan pekerjaan rutin atau mendesak dari masing-masing sub bagian atau seksi. Kegiatan juga dilanjutkan dengan penerapan budaya kerja Kementerian Keuangan yaitu One Day One Information hingga menjelang jam pelayanan. Para pegawai sangat antusias membagikan informasi-informasi yang mereka miliki, baik mengenai kegiatan sehari-hari ataupun informasi dari internet. Secara tidak langsung, kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dari para pegawai terutama terkait hal-hal diluar pekerjaan kantor.

Kepala KPPN Waingapu, Bapak Wayan Juwena mengatakan bahwa budaya doa pagi sekaligus One Day One Information ini mampu memberikan dampak yang positif terhadap kemampuan para pegawai dalam menyampaikan pendapatnya di muka forum. “Dengan adanya kegiatan doa pagi dan One Day One Information, para pegawai menjadi lebih aktif dan selalu berusaha menambah pengetahuannya setiap hari untuk dibagikan kepada rekan-rekannya di kantor. Selain itu, masalah pekerjaan juga dapat ikut dibahas dan menjadi konsen bersama. Saya berharap kegiatan ini dapat terus dipertahankan.” Ungkapnya.

Implementasi budaya kerja Kementerian Keuangan dalam kegiatan doa pagi ini juga dapat dirasakan manfaatnya langsung oleh penulis selama mengikutinya. Beberapa di antaranya antara lain, penulis menjadi lebih mudah menyampaikan pendapatnya terkait pekerjaan kantor yang membutuhkan masukan dari pegawai lain serta menambah pengetahuan-pengetahuan baru setiap harinya mengenai banyak hal. Informasi-informasi yang disampaikan dalam kegiatan One Day One Information membuka wawasan penulis terhadap hal-hal yang sering kali tidak penulis perhatikan. (Jef)