Perjalanan Digitalisasi Treasury, Bukti Peran Strategis DJPb dalam Keuangan Negara

Fungsi Treasury menjadi begitu luar biasa pada masa krisis pandemi Covid-19 seiring dengan peran APBN yang menjadi sangat signifikan baik dari sisi kesehatan maupun perekonomian. Pada saat APBN berfugsi signifikan, maka pada saat itu seluruh fungsi perbendaharan menjadi sangat krusial, mulai dari penyediaan saluran penerimaan dan pengeluaran, pengelolaan manajemen kas, pelaksanakan anggaran, sampai dengan pertanggungjawaban dalam bentuk laporan keuangan.

Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, Didyk Choiroel, dalam pembukaan kegiatan Trustsury Festival 2021 secara daring pada Senin (1/11), menyampaikan bahwa pandemi ini justru menjadi momentum yang membuktikan bahwa DJPb mampu melaksanakan peran Treasury dengan baik.

“Dengan seluruh sistem dan sumber daya yang sudah kita miliki, terbukti bahwa seluruh komitmen jajaran perbendaharaan ternyata dapat mendukung penuh seluruh langkah-langkah pemerintah pada saat APBN menjadi tulang punggung dari penanganan pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional,” tutur Didyk.

Didyk menambahkan bahwa seluruh digitalisasi Treasury sejak awal sampai dengan saat ini merupakan perjalanan yang cukup panjang sekaligus membuktikan bahwa perbendaharaan mampu menempatkan posisi yang sangat strategis di antara seluruh perubahan di pengelolaan keuangan negara yang terhubung langsung dengan pembangunan, kesejahteraan, serta respon terhadap pandemi Covid-19. Namun demikian, kesiapan Treasury sistem tersebut bukan hanya dibentuk karena sedang menghadapi krisis, tetapi telah dipersiapkan sejak dini, ketika pertama kali merespon perubahan dan reformasi di bidang keuangan negara dan perbendaharan negara.

“Perjalanan dan respon perbendaharaan perlu selalu kita review bersama, kita jadikan sebagai introspeksi, dan menjadi kebanggaan bahwa kita menjadi bagian dari Treasury yang terbaik di Indonesia. Bagaimana cara kita memeringatinya, menghargainya, dan memaknainya untuk menentukan langkah ke depan maka Trustsury Festival diselenggarakan,” tambah Didyk.

Sebagaimana disampaikan oleh Direktur Sistem Perbendaharaan, Agung Yulianta, dalam laporannya, bahwa kegiatan Trustsury Festifal ini merupakan sarana edukasi dan komunikasi atas proses transformasi kelembagaan Kementerian Keuangan khususnya DJPb yang berjalan saat ini. “Diharapkan melalui ini kita dapat meningkatkan publik trust terhadap berbagai inovasi dan program pemerintah,” ungkap Agung.

Kegiatan Trustsury Festival 2021 dilaksanakan secara daring selama lima hari ke depan dan dapat diikuti oleh segenap Insan Perbendaharaan, para duta transformasi, pengelola PMO, CTO Kemenkeu, mahasiswa dari politeknik STAN, para mitra dari satker K/L, maupun masyarakat luas yang dapat diakses pada kanal youtube PMO DJPb. (DR/BU)

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search