Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

Gelar FGD Current Issue DAK Fisik, Upaya Sukseskan Target Pertumbuhan Ekonomi di Jateng

Gelar FGD Current Issue DAK Fisik, Upaya Sukseskan Target Pertumbuhan Ekonomi di Jateng

 

Hajat hidup dari masyarakat Jawa Tengah yang harus disejahterakan sesuai dengan amanat konstitusi pasal 23 UUD 45 bahwa APBN harus dikelola untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat tidak cukup hanya dengan upaya tercapainya belanja negara 100 persen di akhir tahun. Hal ini mengemuka dalam arahan Plt. Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah, Taukhid, dalam FGD Current Issue DAK Fisik di GKN I Semarang, Kamis (17/11).

“Itu tidak cukup karena pengeluaran pemerintah disamping menyediakan layanan publik tapi ada dimensi lain yang dibicarakan pada G20 kemarin yaitu pertumbuhan ekonomi,” ungkap Taukhid.

Pengeluaran pemerintah baik pusat maupun daerah dinilai hanya dapat berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi sesuai target apabila pengeluaran pemerintah dimulai dari awal tahun, sehingga multiplier efeknya akan bergulir dari awal bulan sampai ke akhir tahun, kemudian berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi di tahun tersebut.

“Tapi jika pengeluaran dilakukan pada ujung Desember, saya khawatir tidak berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi yang ingin dicapai di tahun ini. Sayang gubernur, bupati, walikota sudah menginisiasi sedemiakan rupa, tetapi dengan careness kita yang kurang justru dana yang disediakan tidak dimanfaatkan dengan baik untuk pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyara. Ini isu penting dari mengapa kita harus melakukan diskusi pada forum ini,” tambahnya.

FGD Current Issue DAK Fisik tersebut mengangkat tema “Memperkuat sinergi menuju sukses penyaluran DAK Fisik Tahun 2022” dengan narasumber dari Direktorat Pelaksanaan Anggaran, Achmad Puji, dan dari BPKAD Provinsi Jawa Tengah, Dwianto Priyonugroho, serta moderator Kepala Bidang PPA II, Ahmad Heryawan. Acara tersebut dihadiri secara fisik oleh para Pemda setempat dan secara daring oleh para Kepala KPPN. (DR/AGR)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI