Suasana sore di KPPN Makale terlihat ceria. Tiga orang tamu yang hadir nampaknya telah cukup akrab dikenal oleh pegawai KPPN Makale. Tiga orang tamu dari PT BRI Makale memang kali ini sengaja diundang untuk dapat memberikan pelatihan service excellence bagi pegawai KPPN Makale. Pelatihan service excellence dengan mengundang pemateri dari PT BRI Cabang Rantepao dipimpin oleh Asisten Manager Operasional Yan Pieter Tumpa. Dalam suasana pandemi Covid-19 protokol kesehatan tetap dijaga. Pegawai yang sedang melaksanakan work from home mengikuti kegiatan dengan melalui kanal zoom.
Dalam sambutannya Plh. Kepala KPPN Makale Mohammad Djamhuri menyampaikan bahwa tidak salah memanggil PT BRI sebagai nara sumber pelatihan. Mohammad Djamhuri sedikit menceritakan sejarah berdirinya Bank BRI yang dipelopori oleh Raden Aria Wiriaatmaja di daerah Purwokerto tahun 1895. Dengan umur yang memasuki 125 tahun tentunya pengalaman Bank BRI sudahlah sangat mumpuni dalam memberikan pelayanan terbaik atau sering disebut pelayanan prima.
Pelaksanaan pemaparan pertama oleh Yan Pieter Tumpa diawali dengan memaparkan pada dua aspek penting dalam service excellent yakni People/SDM dan Premise/Phisycal/Tampilan gedung kantor. Selanjutnya pemaparan lanjutan oleh Junatri sekaligus mengajak pegawai melakukan role play. Acara pelatihan service excellence diakhiri dengan tanya jawab yang sangat interaktif.
Pelatihan service excellence ini diharapkan mampu menjaga dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan oleh KPPN. Meskipun dalam situasi pandemi Covid-19 KPPN Makale tetap berusaha menjaga komitmen memberikan layanan prima meskipun sebagian besar layanan saat ini dilakukan secara daring.