Makassar

Berita

Seputar KPPN Makassar II

HANDAL, Jargon Direktorat Jenderal Perbendaharaan

Jargon merupakan kosakata khusus yang digunakan dalam bidang kehidupan (lingkungan) tertentu. Jargon juga merupakan cerminan dari visi, misi, karakter, dan image branding suatu organisasi. Jargon yang dirancang merupakan visi yang tengah diemban atau tengah dilaksanakan oleh organisasi dimaksud. Jargon yang diteriakkan oleh organisasi hendaknya dipahami oleh seluruh anggota organisasi di dalamnya. Jargon harus dibuat untuk mencerminkan seperti apa acara kerja dari suatu organisasi.

Jargon di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan merupakan kosakata khusus yang dilakukan oleh pegawai Direktorat Jenderal Perbendaharaan atau kumpulan  pegawai Direktorat Jenderal PErbendaharaan secara serentak sebagai motivasi atau dorongan semangat untuk menumbuhkan etos kerja yang positif dalam berbagai kegiatan internal Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Jargon di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan merupakan cerminan identitas, visi, misi, dan harapan yang terus-menerus diucapkan untuk membentuk semangat dan kekompakan tim untuk mencapai visi organisasi. 

Untuk menggelorakan visi dan misi organisasi, Direktorat Jenderal Perbendaharaan menyusun jargon "HAnDAL" yang mempunya makna, Harmonis, Amanah, Digital, Akuntabel, dan Loyal.

 

(disadur dari Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-165/PB/2021 tentang Jargon di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan)

 

Logo DJPb HANDAL

 

HARMONIS
Memiliki komunikasi yang baik, rasa saling percaya, dan sikap menghargai perbedaan, untuk bersama-sama menjalankan tugas demi tercapainya visi dan misi organisasi.

Program Strategis

1. Menjalin kerjasama dengan Unit Eselon I lain di Kemenkeu di Pusat maupun di Daerah serta stakeholders 

2. Menerapkan budaya kerja egaliter, toleransi dan saling menghargai

 

AMANAH
Menjunjung tinggi kepercayaan yang diberikan dan mampu melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, tepat waktu, dan tepat sasaran, dengan berorientasi pada hasil terbaik.

Program Strategis

1. Mengawal Pelaksanaan APBN tepat sasaran, tepat waktu dan tanpa biaya
2. Menjunjung tinggi nilai integritas, dan perilaku budaya anti korupsi.

 

DIGITAL
Mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan proses bisnis, untuk penyempurnaan layanan perbendaharaan yang unggul dan berkualitas.

Program Strategis

1. Terus melakukan perbaikan dan menciptakan inovasi dan simplifikasi proses bisnis

2. Responsif dan adaptif terhadap dinamika perubahan serta mendorong digitalisasi pelaksanaan APBN

 

AKUNTABEL
Memastikan seluruh pekerjaan dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan prinsip-prinsip dan peraturan yang berlaku.

Program Strategis:

1. Mampu menjelaskan setiap aktivitas dan pekerjaan yang dilakukan pada organisasi 

2. Mengawal akuntabilitas pelaksanaan APBN dan mewujudkan kualitas laporan keuangan terbaik

 

LOYAL 
Memiliki tekad dan dedikasi yang tinggi terhadap organisasi, serta sanggup mengimplementasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Program Strategis

1. Memiliki komitmen yang tinggi dalam mencapai tujuan visi dan misi organisasi 

2. Memberikan dedikasi dan kesetiaan yang berkesinambungan pada organisasi

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Makassar II
Jl Urip Sumohardjo KM 4 Makassar

Tel: 0411-457932 Fax: 0411-456958

IKUTI KAMI

Search