Makassar

Berita

Seputar KPPN Makassar II

KPPN makassar II Gelar Crash Program Pengelolaan Keuangan Daerah Di awal 2023

Dalam rangka memastikan kelancaran penyaluran dana Transfer Ke Daerah (TKD) tahun anggaran 2023, KPPN Makassar II menyelenggarakan Crash Program Pengelolaan Keuangan Daerah dengan format brupa Rapat Koordinasi Persiapan Penyaluran Transfer ke Daerah Tahun 2023 pada hari Kamis, 19 Januari 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang rapat KPPN Makassar II pukul 14.00 WITA sampai dengan 17.00 WITA yang dihadiri oleh pejabat/pegawai yang bertugas menangani dana TKD pada BPKAD Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Gowa dan Kabupaten Takalar serta Dispermades Kabupaten Gowa dan Kabupaten Takalar.

Kegiatan dibuka dengan sambutan Kepala KPPN Makassar II Bapak Arief Rahman Hakim, dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan dukungan dari Pemda Prov. Sulsel, Kab. Gowa dan Kab. Takalar sehingga proses penyaluran TKD tahun 2022 berjalan dengan lancar. Serta apresiasi kepada seluruh Pemda lingkup KPPN Makassar II yang telah bersama-sama mengawal penyaluran TKD di 2022 sehingga penyalurannya tepat waktu meskipun terdapat beberapa Subbidang DAK Fisik yang tidak salur dikarenakan keadaan kahar atau force majeure. Semoga penyaluran TKD di TA 2022 dapat lebih memotivasi semua pihak untuk melakukan persiapan penyaluran TKD di Tahun 2023 sehingga hasilnya lebih baik lagi dari capaian tahun 2022. Sebagai penutup beliau menginformasikan bahwa mulai tahun 2023 terdapat hal yang baru bagi KPPN Makassar II yaitu selain sebagai penyalur DAK Fisik, DAK Non Fisik dan Dana Desa, seluruh penyaluran dana TKD akan disalurkan melalui KPPN Makassar II yang dimulai dengan penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) bulan Januari 2023.

Oleh karena itu koordinasi dan komunikasi yang terjalin baik selama ini harus dipertahankan. Beberapa hal perlu mendapatkan perhatian bersama, yaitu sinergi dan koordinasi yang lebih antara KPPN Makassar II dan jajaran Pemda lingkup KPPN Makassar II baik terkait jadwal/deadline maupun penanganan permasalahan/kendala yang dihadapi, persiapan dukungan aplikasi dan penyampaian dokumen persyaratan serta permintaan penyaluran sebelum batas akhir waktu yang ditetapkan agar penyaluran dana transfer dapat berjalan lancar.

Setelah sambutan oleh Kepala KPPN Makassar II, kegiatan Rapat Koordinasi dilanjutkan dengan pemaparan Materi evaluasi penyaluran TKD TA 2022 serta persiapan penyaluran TKD tahun 2023 yang disampaikan oleh Kepala Seksi Bank Makassar II Bapak Johannes Calvin Simanullang. Bapak Johannes Calvin Simanullang terlebih dahulu memperkenalkan diri sebagai pejabat definitif Kepala Seksi Bank yang mulai bertugas di KPPN Makassar II pada bulan Januari 2023, dimana sebelumnya merupakan Kepala Seksi PDMS di KPPN Bitung. Setelah perkenalan, dilanjutkan penyampaian progress penyaluran TKD yaitu dari alokasi total TKD di TA 2022 sebesar Rp1.590,38 miliar terealisasi sebesar Rp1.511,92 miliar atau 95,07 persen. Realisasi TKD terdiri dari Dana Desa dengan alokasi sebesar Rp214,72 miliar terealisasi sebesar Rp214,45 miliar atau 99,87 persen yang disalurkan kepada 197 desa. Kemudian DAK Non Fisik dengan alokasi sebesar Rp767,39 miliar terealisasi sebesar Rp744,46 miliar atau 97,01 persen. Selanjutnya Bapak Johannes Calvin Simanullang juga memaparkan terkait DAK Fisik di mana pada tahun 2022, dari alokasi sebesar Rp608,26 miliar yang berhasil dikontrakkan sebesar Rp557,99 miliar dengan nilai penyaluran sebesar Rp553,01 miliar. Beliau menggaris bawahi beberapa permasalahan terkait DAK Fisik tahun 2022, yaitu pemanfaatan pagu yang kurang maksimal dikarenakan adanya permasalahan pada proses pengadaan barang dan jasa serta permasalahan terkalit teknis swakelola, beliau berharap berbagai permasalahan tersebut jangan sampai terjadi di tahun 2023 ini.

Acara rapat koordinasi ditutup dengan komitmen KPPN Makassar II dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemda Kab. Gowa dan Pemda Kab. Taklaar untuk bersama-sama bersinergi guna kelancaran proses penyaluran TKD tahun 2023 yang merupakan salah satu unsur penggerak perekonomian daerah.

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Makassar II
Jl Urip Sumohardjo KM 4 Makassar

Tel: 0411-457932 Fax: 0411-456958

IKUTI KAMI

Search