Jl. Sisingamangaraja No.3, Drien Rampak, Kec. Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, 23617

Profil

Sejarah KPPN Meulaboh

Segores Cerita tentang Mengawal Uang Kita dari Kampung Halaman Teuku Umar

 

       Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Meulaboh merupakan instansi Ditjen Perbendaharaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh. Nama KPPN Meulaboh dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 101/PMK.01/2008 yang merupakan metamorfosis dari Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN) Meulaboh yang semula berada di bawah Direktorat Jenderal Anggaran.

       Sejarah berdirinya KPPN Meulaboh dimulai sejak tahun 1970-an dengan nama Kantor Bendahara Negara (KBN). Kemudian pada tahun 1982 nama KBN berubah menjadi Kantor Perbendaharaan Negara (KPN) dan Kantor Kas Negara (KKN) di bawah naungan Direktorat Jenderal Anggaran. Seiring dengan terjadinya proses reorganisasi pada Direktorat Jenderal Anggaran dan sesuai dengan perubahan nomenklatur eselon I menjadi Direktorat Jenderal Perbendaharaan, nama KPKN berganti menjadi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Meulaboh sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 303/KMK.01/2004 tentang Susunan Organisasi Departemen Keuangan sehingga KPPN Meulaboh resmi menjadi instansi vertikal di bawah naungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang bertugas melaksanakan kewenangan perbendaharaan dan Bendahara Umum Negara (BUN), penyaluran pembiayaan atas beban anggaran, serta penatausahaan penerimaan dan pengeluaran anggaran melalui dan dari kas negara berdasarkan peraturan perundang-undangan.

        KPPN Meulaboh berlokasi di Jalan Sisingamangaraja Nomor 3 Kelurahan Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan Kota Meulaboh yang secara geografis merupakan dataran rendah dan mudah dijangkau oleh setiap Satuan Kerja dari semua wilayah Kabupaten yang dilayani meliputi Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Nagan Raya dan Kabupaten Simeulue. Adapun Lingkungan sekitar KPPN Meulaboh meliputi: sebelah timur berhadapan dengan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Aceh Barat dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien Meulaboh, sebelah Selatan berdekatan dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Barat, sebelah utara berdekatan dengan kantor Dinas Koperasi UKM Perindag Kab. Aceh Barat, dan sebelah Barat berdekatan dengan area pertokoan dan perumahan masyarakat.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search