BERITA

Dirjen Perbendaharaan Ingatkan Pentingnya Amankan Proses Akhir Tahun Anggaran

Surabaya, djpb.kemenkeu.go.id,- Dalam kunjungan kerja ke Jawa Timur, Direktur Jenderal Perbendaharaan Andin Hadiyanto menyampaikan pentingnya menjaga momentum akhir tahun anggaran 2019.

“Semua mata tertuju ke DJPb dalam pelaksanaan akhir tahun anggaran ini. Oleh karena itu, perlu kita jaga bersama proses ini agar berjalan dengan baik dan lancar. Kita perlu mengidentifikasi permasalahan satuan kerja dan lebih proaktif untuk menghubungi satuan kerja,” sebut Andin dalam kunjungannya ke Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Timur, Surabaya, Selasa (19/11).

“Di samping mengamankan proses akhir tahun anggaran, pada saat yang sama kita juga harus mengamankan proses penyusunan laporan keuangan agar laporan keuangan pemerintah yang mendapatkan opini WTP masih dapat kita pertahankan,” tegas Dirjen Perbendaharaan.

Kunjungan Dirjen Perbendaharaan ke beberapa instansi vertikal DJPb di Jawa Timur dilaksanakan untuk meninjau dan mengevaluasi kesiapan langkah-langkah akhir Tahun Anggaran 2019. Selain Kanwil DJPb Provinsi Jawa Timur, Dirjen Perbendaharaan juga meninjau KPPN Mojokerto, KPPN Surabaya I, KPPN Surabaya II, KPPN Sidoarjo, dan KPPN Malang.

Terkait penyerahan DIPA dan Pelaksanaan APBN 2020, dalam arahannya Dirjen Perbendaharaan menekankan pesan-pesan dari Menteri Keuangan, di antaranya agar APBN disalurkan lebih cepat, fleksibel, akurat, dan akuntabel. Kanwil dan KPPN juga diharapkan mendorong penyelesaian APBD oleh pemerintah daerah, agar manfaat dari APBN dan APBD dapat segera dirasakan oleh masyarakat.

“Selanjutnya dari sisi kinerja, diharapkan output dari APBN lebih jelas terlihat,” ungkap Dirjen Perbendaharaan. Dikatakan olehnya, peran Kanwil dan KPPN sangat besar dalam memastikan pencapaian output dari APBN.

Sekretaris Ditjen Perbendaharaan R.M. Wiwieng Handayaningsih yang turut mendampingi Dirjen Perbendaharaan dalam rangkaian kunjungan tersebut juga sempat mengingatkan agar seluruh pejabat dan pegawai lingkup Kanwil dan KPPN lebih teliti dan waspada dalam menghadapi akhir tahun anggaran 2019.

Di sela-sela kunjungan, Dirjen Perbendaharaan meresmikan Aplikasi JatiMo yang merupakan inovasi Kanwil DJPb Provinsi Jawa Timur dan mengunjungi Gedung KPKN Malang yang telah ditetapkan menjadi Cagar Budaya oleh Pemerintah Kota Malang. (SST)

Kontributor Permata DJPb