KPPN Mobile Labuan Bajo, Dukung Percepatan Pembangunan Wisata Prioritas

Labuan Bajo, djpb.kemenkeu.go.id, - Hadirnya KPPN Mobile Labuan Bajo  diharapkan dapat memberikan fasilitas perbendaharaan yang lebih dekat dan cepat. Tujuannya untuk mendukung kecepatan penyaluran anggaran pemerintah, khususnya pembangunan destinasi wisata prioritas Labuan Bajo. Hal tersebut mengemuka dalam sambutan Dirjen Perbendaharaan Andin Hadiyanto dalam peluncuran KPPN Mobile Labuan Bajo yang diikuti secara daring dari Labuan Bajo, Senin (11/1).

“Saya berharap peningkatan layanan melalui KPPN Mobile dapat mengatasi permasalahan geografis berupa waktu tempuh KPPN Ruteng-Kabupaten Manggarai Barat yang memakan waktu lebih dari tiga Jam. KPPN Mobile dapat memberikan kemudahan proses pencairan dana APBN, sehingga pembangunan dapat berjalan lebih lancar," ungkap Andin Hadiyanto. Selain kemudahan layanan, KPPN Mobile juga akan difungsikan sebagai sarana edukasi satker dan implementasi layanan bersama (co-location) unit vertikal di Kementerian Keuangan seperti layanan konsultansi perpajakan dan penatausahaan barang milik negara.

Pada tahun 2021, pengembangan Kawasan Labuan Bajo kembali menjadi fokus pemerintah pusat. Khusus Kabupaten Manggarai Barat, prioritas tersebut ditandai dengan kenaikan anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) yang signifikan dibandingkan pada tahun sebelumnya.  Melalui dana tersebut, pemerintah daerah diharapkan dapat mempercepat pengembangan destinasi wisata prioritas, selain pemulihan kesehatan masyarakat dan katalisator pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pada peluncuran KPPN Mobile Labuan Bajo, turut dihadiri Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch. Dula beserta jajarannya. Pada kesempatan tersebut, Andin Hadiyanto berpesan agar KPPN Mobile tidak hanya mendekatkan layanan perbendaharaan saja, tetapi juga mampu menjalin sinergi yang lebih erat dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. [DK]

 

   

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search