Implementasi Jabatan Fungsional sebagai Investasi Masa Depan Organisasi

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id,- Keputusan organisasi untuk mengimplementasikan jabatan fungsional tidak semata-mata menjadi amanat regulasi dan suatu kebijakan yang hanya bersifat administratif. Lebih dari itu, implementasi jabatan fungsional merupakan suatu investasi organisasi melalui pegawai-pegawai terbaiknya yang ditugaskan pada suatu jabatan strategis untuk menjadi bagian dari suksesi penggerak organisasi dalam mencapai visi dan misi.

Dalam sambutannya pada acara Organization Day (O-Day) 2021, Senin (8/2), Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, RM Wiwieng Handayaningsih, mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang diharapkan dari jabatan fungsional sebagai Investasi Sumber Daya Manusia bagi organisasi di masa depan.

“Anda memiliki karakter leadership yang semakin berkembang dan memiliki engagement yang tinggi terhadap organisasi. Tugas Anda bukan sekedar memenuhi kewajiban dan memperoleh angka kredit semata, namun merupakan respon konkret organisasi kepada tuntutan masyarakat,” ungkap Wiwieng.

Di samping itu, pejabat fungsional diharapkan dapat bekerja dan berkinerja secara optimal dan berdampak sebagai input dalam pengambilan kebijakan dan keputusan, menjadi role model perubahan budaya organisasi, serta mampu melakukan re-orientasi hasil kerja dan kinerja untuk pemangku kepentingan dan civil society.

Lebih lanjut, Wiwieng menyampaikan bahwa Ditjen Perbendaharaan telah menyelesaikan seluruh instrumen operasional Jabatan Fungsional termasuk penerbitan pedoman teknis. “Sejauh ini, organisasi telah menyelesaikan seluruh instrumen operasionalisasi jabatan fungsional dari mulai regulasi, juknis, standar kompetensi, uraian jabatan, proses seleksi, pengangkatan, peringkat jabatan, sampai dengan yang terakhir ini diterbitkan pedoman teknis.” terangnya.

“Anda-Anda pejabat fungsional sekali lagi merupakan bentuk investasi SDM dalam organisasi, dimana ke depan organisasi diharapkan akan memetik hasilnya untuk sebesar-besar manfaat kepada negara dan masyarakat,” pungkas Wiwieng.

Organization Day, yang merupakan kegiatan rutin pada Setditjen Perbendaharaan untuk membahas isu-isu keorganisasian, pada tahun 2021 mengangkat tema Teknis Tata Kerja Jabatan Fungsional. Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual tersebut dihadiri oleh para pejabat administrator, pengawas, dan fungsional lingkup DJPb se-Indonesia. Pada kesempatan tersebut, dipaparkan pula substansi terkait dengan struktur, kedudukan, pola kerja, pola hubungan kerja, metode kerja dan pengelolaan kinerja oleh Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana, Suharno, substansi terkait administratif di bidang kepegawaian untuk pejabat fungsional oleh Kepala Subbagian Perencanaan Strategis dan Manajemen Talenta Bagian Sumber Daya Manusia, Baihaqi, serta teknis aplikasi e-Jafung oleh Kepala Subdirektorat Standardisasi dan Pengembangan Kapasitas Pengelola Perbendaharaan Direktorat Sistem Perbendaharaan, Bekti Utami. (dr/itw/ma)

 

  

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search