Resmi! Masyarakat Dapat Membayar Pajak Melalui Indomaret

Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id,-. Pada era digital, pemerintah bergerak cepat untuk menyediakan sistem penerimaan negara secara elektronik yang lebih praktis, cepat, mudah, andal, dan aman bagi wajib pajak/wajib bayar/wajib setor untuk segera memenuhi kewajibannya kepada negara. Upaya tersebut dilakukan lewat program Modernisasi Penerimaan Negara, salah satunya melalui Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga (MPN G3).

“Modernisasi MPN G3 menjadi salah satu upaya Pemerintah agar kinerja penerimaan negara tetap terjaga efektif dan efisien,” demikian disampaikan Dayu Rusanto, Kepala Subdirektorat Manajemen Penerimaan dan Pengeluaran Kas yang mewakili Direktur Pengelolaan Kas Negara Didyk Choiroel dalam acara Grand Launching Layanan Penerimaan Negara melalui PT Indomarco Prismatama (Indomaret) yang diselenggarakan secara daring, Kamis, (25/3).

Untuk memudahkan para wajib pajak/wajib bayar/wajib setor dalam menyetorkan kewajibannya ke kas negara, dilakukan perluasan kanal pembayaran. Salah satunya kerja sama dengan Indomaret saat ini sebagai Lembaga Persepsi Lainnya (LPL) kategori fintech, e-commerce, dan retailer.

“Penambahan kanal penyetoran MPN G3 dengan berbagai kanal pembayaran menjawab tuntutan tersebut, termasuk kanal teller, electronic data capture (EDC), dan Dompet Elektronik yang dikembangkan Indomaret,” ungkap Dayu di acara yang dihadiri oleh Executive Marketing Director PT Indomarco Prismatama (Indomaret), Direktur Transformasi Proses Bisnis Direktorat Jenderal Pajak, Kasubdit Pengembangan Sistem Informasi Internal Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan Ditjen Perbendaharaan, dan Kepala KPPN Khusus Penerimaan ini.

MPN G3 merupakan penyempurnaan dari sistem penerimaan  negara yang sebelumnya telah melewati perjalanan panjang. Dari segi perannya, hampir seluruh penerimaan negara disetor melalui MPN G3. Sebanyak 90% transaksi penerimaan negara disetor melalui MPN sejak tahun 2018 hingga sekarang. Bahkan, ditahun 2020, MPN G3 memproses setoran 84,7 juta transaksi dengan nominal mencapai Rp1.747 triliun.
”tahun 2021 sampai dengan 24 Maret, MPN G3 telah memproses setoran sebanyak 16,9 juta transaksi dengan nominal sebesar Rp400,3 triliun, termasuk di antaranya transaksi melalui LPL sebanyak 192 ribu transaksi dengan nominal sebesar Rp242 miliar,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Transformasi Proses Bisnis Direktorat Jenderal Pajak Imam Arifin mengatakan salah satu komitmen Kementerian Keuangan dalam memudahkan masyarakat melaksanakan pembayaran dan/atau transaksi penerimaan negara (penerimaan pajak dan PNBP), yaitu Kementerian Keuangan melakukan digitalisasi pengelolaan kas negara dengan mendorong e-Commerce atau Fintech untuk menjadi Lembaga Persepsi Lainnya.

Senada dengan hal tersebut, Siswanto Kasubdit Pengembangan Sistem Informasi Internal Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan Ditjen Perbendaharaan menyampaikan tujuan perluasan kanal penerimaan negara. “Memang sengaja kanal-kanal pembayaran diperluas, sehingga wajib pajak/wajib bayar/wajib setor ’dimanjakan melakukan penyetoran di mana pun,” jelas Siswanto.
Indomaret diharapkan semakin memperluas jaringan penerimaan negara untuk mewujudkan target Penerimaan Negara melalui sinergi dan peningkatan bersama.

#indomaret
#MPNG3
#PenerimaanNegara

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search